Sabtu, 24 Juli 2010

Teori dan Model Pengajaran & Pembelajaran

Teori dan Model
Pengajaran & Pembelajaran


Konsep Teori
“ Teori ialah prinsip kasar yang menjadi dasar
pembentukan sesuatu ilmu pengetahuan
“ Teori juga merupakan satu rumusan daripada
pengetahuan sedia ada yang memberi panduan
untuk menjalankan penyelidikan dan mendapatkan
maklumat baru
“ Pada asasnya, teori-teori pembelajaran masa kini
boleh diklasifikasikan kepada empat mazhab yang
utama, iaitu, behavioris, kognitif, sosial dan humanis


Teori dan Model
Pengajaran & PembelajaranKonsep Teori
“ Teori ialah prinsip kasar yang menjadi dasar
pembentukan sesuatu ilmu pengetahuan
“ Teori juga merupakan satu rumusan daripada
pengetahuan sedia ada yang memberi panduan
untuk menjalankan penyelidikan dan mendapatkan
maklumat baru
“ Pada asasnya, teori-teori pembelajaran masa kini
boleh diklasifikasikan kepada empat mazhab yang
utama, iaitu, behavioris, kognitif, sosial dan humanisTeori Behaviorisme
“ Mazhab behavioris yang diperkenalkan oleh Ivan Pavlov
dan dikembangkan oleh Thorndike dan Skinner,
berpendapat bahawa pembelajaran adalah berkaitan
dengan perubahan tingkah laku. Teori pembelajaran
mereka kebanyakannya dihasilkan daripada ujian dan juga
pemerhatian yang dilakukan ke atas haiwan seperti
anjing, tikus, kucing dan burung di dalam makmal. Mereka
menumpukan ujian kepada perhubungan antara
‘rangsangan’ dan ‘gerakbalas’ yang menghasilkan
perubahan tingkahlaku. Secara umumnya teori behavioris
menyatakan bahawa pengajaran dan pembelajaran akan
mempengaruhi segala perbuatan atau tingkah laku pelajar
sama ada baik atau sebaliknya. Teori ini juga menjelaskan
bahawa tingkah laku pelajar boleh diperhatikan, dikawal
dan diramal.Teori Kognitif
“ Mazhab kognitif pula berpendapat bahawa pembelajaran
ialah suatu proses dalaman yang berlaku dalam akal
fikiran, dan tidak dapat diperhatikan secara langsung
daripada tingkah laku. Ahli-ahli psikologi kognitif seperti
Bruner dan Piaget menumpukan kajian kepada pelbagai
jenis pembelajaran dalam proses penyelesaian masalah
dan celik akal mengikut pelbagai peringkat umur dan
kebolehan pelajar. Teori-teori pembelajaran mereka
adalah bertumpu kepada cara pembelajaran seperti
pemikiran celik akal, kaedah penyelesaian masalah,
penemuan dan pengkategorian. Menurut teori ini, manusia
memiliki struktur kognitif, dan semasa proses
pembelajaran, otak akan menyusun segala maklumat di
dalam ingatan. Teori Sosial
“ Mazhab sosial pula menyarankan teori pembelajaran
dengan menggabungkan teori mazhab behavioris bersama
dengan mazhab kognitif. Teori ini juga dikenali sebagai
Teori Perlakuan Model. Albert Bandura, seorang tokoh
mazhab sosial ini menyatakan bahawa proses
pembelajaran akan dapat dilaksanakan dengan lebih
berkesan dengan menggunakan pendekatan ‘permodelan’.
Beliau menjelaskan lagi bahawa aspek pemerhatian
pelajar terhadap apa yang disampaikan atau dilakukan
oleh guru dan juga aspek peniruan oleh pelajar akan
dapat memberikan kesan yang optimum kepada
kefahaman pelajar. Teori Humanisme
“ Mazhab humanis pula berpendapat pembelajaran manusia
bergantung kepada emosi dan perasaannya. Seorang ahli
mazhab ini, Carl Rogers menyatakan bahawa setiap
individu itu mempunyai cara belajar yang berbeza dengan
individu yang lain. Oleh itu, strategi dan pendekatan
dalam proses pengajaran dan pembelajaran hendaklah
dirancang dan disusun mengikut kehendak dan
perkembangan emosi pelajar itu. Beliau juga menjelaskan
bahawa setiap individu mempunyai potensi dan keinginan
untuk mencapai kecemerlangan kendiri. Maka, guru
hendaklah menjaga kendiri pelajar dan memberi
bimbingan supaya potensi mereka dapat
diperkembangkan ke tahap optimum. Model Robert Glazer
“ Robert Glaser mengemukakan model pengajarannya dengan
membahagikan proses pengajaran kepada empat komponen
utama iaitu objektif pengajaran, pengetahuan sedia ada pelajar,
kaedah mengajar dan penilaian. Beliau juga menekankan
maklum balas pelajar sebagai aspek penting dalam proses
pengajaran dan pembelajaran. Menurut beliau, objektif
pengajaran harus ditentukan sesuai dengan pengetahuan sedia
ada pelajar. Kemudian, kaedah mengajar harus dipilih
berdasarkan objektif pengajaran dan pengetahuan sedia ada
pelajar. Seterusnya, penilaian harus dijalankan ke atas segala
proses pengajaran dengan tujuan untuk mengesan kelemahan,
agar guru dapat mengubahsuai proses pengajarannya, demi
meningkatkan keberkesanan pengajaran pada masa hadapan.
Kesimpulannya, Model Pengajaran Robert Glaser dibina
berlandaskan konsep pengajaran sebagai suatu proses yang
menitikberatkan langkah-langkah pengajaran iaitu perancangan,
pelaksanaan, penilaian dan maklum balas. Model Sim
“ Model Pengajaran Sim pula menjelaskan bahawa proses
pengajaran yang berlaku adalah melalui interaksi di antara
beberapa unsur iaitu guru, murid, isi pelajaran dan juga
objektif. Model ini dibina berlandaskan konsep pengajaran
sebagai bidang komunikasi, iaitu interaksi di antara guru dan
murid dengan objektif dan isi pelajaran dalam suatu
persekitaran tertentu. Berdasarkan model ini, objektif pelajaran
harus ditentukan secara explisit dan mengikut kebolehan murid-
murid. Apa yang membezakan model ini dengan Model Glaser
ialah Model Sim menekankan perhubungan yang baik antara
guru dengan murid supaya menimbulkan interaksi yang sihat
dan suasana pengajaran dan pembelajaran yang berkesan.
Model ini juga memberi penekanan kepada unsur-unsur
persekitaran seperti keadaan bilik darjah yang kondusif sesuai
dengan keadaan sosio-ekonomi dan budaya pelajar.
Kesimpulannya, dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut,
interaksi di antara guru, pelajar, objektif, isi pelajaran dan
persekitaran dapat diwujudkan dengan berkesan. Seterusnya,
keberkesanan proses pengajaran akan dapat dicapai ke tahap
optimum.Model Taba
“ Model Pengajaran Taba pula menekankan penyusunan bahan-
bahan pengajaran dalam suatu sistem yang sesuai yang dapat
meningkatkan kemahiran berfikir pelajar. Penyusunan maklumat
dalam proses pengajaran dan pembelajaran adalah diutamakan
dalam model ini. Model ini menerangkan bahawa seseorang
pelajar melakukan operasi kognitif ke atas bahan pengajaran
atau pemilihan sesuatu konsep haruslah dilakukan melalui
empat peringkat seperti berikut; menyusun data atau fakta
dengan memerhati ciri-ciri persamaan dan perbezaan,
menggolong dan mengelas fakta-fakta menjadi kategori dan
memberi label kepadanya, membuat generalisasi atau
kesimpulan atas hubungan-hubungan antara kategori-kategori
itu, dan mengaplikasi generalisasi yang diperolehi. Rumusannya,
dengan merujuk kepada model ini, guru dapat merancang
pengajaran dengan membahagikan topik kepada generalisasi,
konsep dan fakta-fakta yang berguna untuk menentukan
kaedah pengajaran yang sesuai. Model Latihan Terus
“ Model Arahan Terus pula merupakan satu model
pengajaran yang bertujuan untuk membantu pelajar
mempelajari ilmu pengetahuan atau kemahiran asas yang
boleh diajar dengan cara langkah demi langkah. Model ini
juga dikenali sebagai ‘Model Latihan’ dan ‘Model
Pengajaran Aktif’. Model ini dibentuk khas untuk
merangsang pembelajaran pelajar berkaitan pengetahuan
berprosedur (procedural knowledge) yang memerlukan
sama ada kemahiran asas atau komprensif dan juga
berkaitan ilmu pengetahuan yang memerlukan pengajaran
langkah demi langkah. Model ini menekankan aspek
pemerhatian pelajar terhadap apa yang ditunjukkan oleh
guru sebelum pelajar melakukannya semula.Model Inkuiri
“ Model Inkuiri pula merangkumi segala proses soal selidik untuk
mendapatkan jawapan atau kesimpulan daripada soalan, atau
daripada masalah yang dikemukakan. Aktiviti soal selidik ini
memerlukan pelajar mengenal pasti soalan bermasalah,
membentuk hipotesis, merancang aktiviti kajian, manjalankan
kajian atau siasatan dan seterusnya mendapatkan jawapan dan
membuat rumusan. Dalam aktiviti pengajaran dan
pembelajaran, terdapat dua jenis teknik inkuiri iaitu ‘inkuiri
terbimbing’ dan ‘inkuiri terbuka’. Inkuiri terbimbing memerlukan
guru membimbing pelajar menjalankan segala proses kajian.
Inkuiri jenis ini sesuai dilaksanakan pada peringkat sekolah
rendah dan menengah. Dalam inkuiri terbuka, pelajar tidak
diberi sebarang bimbingan. Segala proses kajian dijalankan oleh
pelajar sendiri. Oleh itu, ianya sesuai dilaksanakan pada
peringkat pengajian yang lebih tinggi seperti di universiti.
Kesimpulannya, model inkuiri ini amat berguna bagi
mendapatkan maklumat dan pengetahuan baru dalam pelbagai
bidang khususnya bidang pendidikan.-Menggunakan set induksi yang menarik
- Menggunakan pengalaman pelajar untuk
mengaitkannya dengan pelajaran baru
- Membangkitkan naluri ingin tahu pelajar
dengan soalan mencabar
-Mewujudkan semangat bersaing
2. Mewujudkan
motivasi
- Merancang isi pelajaran mengikut
kebolehan pelajar serta susunan yang
sesuai
- Menyediakan alat bantu mengajar
- Mewujudkan suasana pembelajaran
yang kondusif
1. Mewujudkan
kesediaan belajar
Aktiviti P & P Proses
Pembelajaran
Contoh Proses Pembelajaran dan Aktiviti P & P- Menyampaikan pelajaran dari konkrit
kepada abstrak.
-Memberikan nota penting pada akhir
pelajaran.
- Mengilustrasi hubungan fakta dalam
carta
- Mementingkan kefahaman daripada
hafalan
4. Mengekalkan
ingatan dan
mengelakkan
lupaan
- Menggunakan alat pandang dengar untuk
meningkatkan pengamatan pelajar
- menggunakan ilustrasi dan demonstrasi
yang jelas untuk pelajar mencontohinya
- Menggunakan pengalaman pelajar, teknik
generalisasi, contoh-contoh, bahan dan
situasi yang kjonkrit untuk meningkatkan
penanggapan dan kaedah inkuiri-penemuan
3. Meningkatkan
pengamatan dan
penanggapan
Aktiviti P & P Proses
Pembelajaran- Memastikan pelajar menguasai
kemahiran dan memperoleh fakta
dengan tepat dengan ujian ringkas
- Memberi peluang kepada pelajar
mengaplikasikan apa yang dipelajari
- Mempelbagai banyak aktiviti latihan
- Memberi aktiviti pengayaan
5. Membantu
pemindahan
pembelajaran
- Mempelbagai dan memperbanyakkan
aktiviti latihan
- Memberi aktiviti pengukuhan dan
pengayaan
- Memberi ujian dari masa ke semasa
Aktiviti P & P Proses
Pembelajaran- Menjalankan aktiviti kumpulan untuk
memupuk sikap seperti kerjasama, tolong
menolong, hormat, toleransi dsb.
- Menonjolkan aktiviti budaya sekolah seperti
menyanyi lagu patriotik, kempen kebersihan,
program Minggu Agama dsb
- Menegaskan nilai dlm sesi p & p
- Galakkan pelajar sertai ko kurikulum
7. Memupuk nilai
dan sikap
- Menggunakan teknik menyoal untuk
menggalakkan pelajar berfikir
- Mengadakan aktiviti perbincangan
termasuk sumbangsaran, forum dsb.
- Menggunakan teknik penyelesaian
masalah dalam situasi yang sebenar
- Menggunakan soalan bercapah untuk
membimbing pelajar befikir secara analitik,
kritik dan rasional
6. Menyebatikan
Kemahiran
Berfikir
Aktiviti P & P Proses
PembelajaranSEKIAN
&
TERIMA KASIH

multiple intelegence

BAB I
Multiple Intelligences

I.I. Tugas Intelijen adalah

Kemampuan dan kualitas kinerja intelijen ditentukan oleh kehandalan dan kualitas dari sistem pendidikan dan pelatihan yang merupakan wujud upaya untuk menjadikan seseorang cakap dan matang melalui pembekalan kemampuan profesional dan pemberian pengalaman secara sistematik.

I.2. Sosok Intelijen

Bagian terpenting dari rangkaian pembinaan sumber-daya manusia untuk menjadikan seseorang sisik intelijen dalam rajutan pembinaan pendidikan dan pembinaan karier atas tadi bermula pada tahapan awal, yaitu recruitment.
Kekeliruan pada tahapan awal ini akan berdampak panjang. Pencarian bibit (talent-scouting) menjadi pengalaman penting dari usaha recruitment. Dari sederet panjang tuntutan yang mutlak ada pada tiap calon rekrut ialah integritas pribadi, loyalitas dan kemampuan profesional (professional competence).
Integritas pribadi merefleksikan sosok seorang yang jujur, dapat dihandalkan, satu kata dengan perbuatan, memikiki keberanian moral, adil dan bijaksana. Kesemuanya mutlak diperlukan, mengingat pekerjaan intelijen akan lebih banyak dilaksanakan dengan mengandalkan pribadi demi pribadi. Pengetahuan, analisis, dan laporan dari seorang sosok intelijen akan sangat tergantung pada judgement dari pribadi yang bersangkutan. Dengan kata lain, keberanian mengambil keputusan pada saat-saat kritis yang terkait erat dengan integritas pribadi seseorang.
Loyalitas menjadi tuntutan mutlak yang kedua. Loyalitas, atau kesetiaan, mengandung keteguhan akan komitmen seseorang kepada misi yang diembannya, kepada etika profesinya, kepada organisasinya, dan terutama kepada bangsa dan negaranya, diatas segala-galanya tanpa pamrih. Sosok dan lembaga intelijen tidak boleh menyimpangkan kesetiaannya kepada kelompok atau golongan, atau kepentingan-kepentingan sempit di luar kepentingan nasional.



I.3. Kategori intelijen yang diusulkan oleh Howard Gardner adalah:

1. Kecerdasan linguistik
Adalah kecerdasan dalam mengolah kata. Ini merupakan kecerdasan para jurnalis, juru cerita, penyair, dan pengacara. Jenis kecerdasan inilah yang menghasilkan King Lear karya Shakespeare, Odysey karya Homeros, dan Kisah Seribu Satu Malam dari Arab. Orang yang cerdas dalam bidang ini dapat berargumentasi, meyakinkan orang, menghibur, atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata yang diucapkannya. Mereka senang bermain-main dengan bunyi bahasa melalui teka-teki kata, permainan kata (pun), dan tongue twister. Kadang-kadang mereka pun mahir dalam hal-hal kecil, sebab mereka mampu mengingat berbagai fakta. Bisa jadi mereka adalah ahli sastra. Mereka gemar sekali membaca, dapat menulis dengan jelas, dan dapat mengartikan bahasa tulisan secara jelas.

2. Kecerdasan logis-matematis
Adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika. Ini merupakan kecerdasan para ilmuwan, akuntan, dan pemrogram komputer. Newton menggunakan jenis kecerdasan ini ketika ia menemukan kalkulus. Demikian pula Einstein ketika ia menyusun teori relativitasnya. Ciri-ciri orang yang cerdas secara logis-matematis mencakup kemampuan dalam penalaran, mengurutkan, berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis, mencari keteraturan konseptual atau pola numerik, dan pandangan hidupnya umumnya bersifat rasional.

3. Kecerdasan spasial
Adalah kecerdasan yang mencakup kemampuan berpikir dalam gambar, serta kemapuan untuk mencerap, mengubah, dan menciptakan kembali berbagai macam aspek dunia visual-spasial. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan para arsitek, fotografer, artis, pilot, dan insinyur mesin. Siapa pun yang merancang piramida di Mesir, pasti mempunyai kecerdasan ini. Demikian pula dengan tokoh-tokoh seperti Thomas Edison, Pablo Picasso, dan Ansel Adams. Orang dengan tingkat kecerdasan spasial yang tinggi hampir selalu mempunyai kepekaan yang tajam terhadap detail visual dan dapat menggambarkan sesuatu dengan begitu hidup, melukis atau membuat sketsa ide secara jelas, serta dengan mudah menyesuaikan orientasi dalam ruang tiga dimensi.




4. Kecerdasan musikal
Adalah kecerdasan yang ditandai dengan kemampuan untuk mencerap, menghargai, dan menciptakan irama dan melodi. Bach, Beethoven, atau Brams, dan juga pemain gamelan Bali atau penyanyi cerita epik Yugoslavia, semuanya mempunyai kecerdasan ini. Kecerdasan musikal juga dimiliki oleh orang yang peka nada, dapat menyanyikan lagu dengan tepat, dapat mengikuti irama musik, dan yang mendengarkan berbagai karya musik dengan tingkat ketajaman tertentu.

5. Kecerdasan kinestetik-jasmani
Adalah kecerdasan fisik, yang mencakup bakat dalam mengendalikan gerak tubuh, dan keterampilan dalam menangani benda. Atlet, pengrajin, montir, dan ahli bedah mempunyai kecerdasan kinestetik-jasmani tingkat tinggi. Demikian pula Charlie Chaplin, yang memanfaatkan kecerdasan ini untuk melakukan gerakan tap dance sebagai “Little Tramp”. Orang dengan kecerdasan fisik memiliki keterampilan dalam menjahit, bertukang, atau merakit model. Mereka juga menikmati kegiatan fisik, seperti berjalan kaki, menari, berlari, berkemah, berenang, atau berperahu. Mereka adalah orang-orang yang cekatan, indra perabanya sangat peka, tidak bisa tinggal diam, dan berminat atas segala sesuatu.

6. Kecerdasan antarpribadi
Adalah kemampuan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain. Kecerdasan ini terutama menuntut kemampuan untuk mencerap dan tanggap terhadap suasana hati, perangai, niat, dan hasrat orang lain. Direktur sosial sebuah kapal pesiar harus mempunyai kecerdasan ini, sama halnya dengan pemimpin perusahaan besar. Seseorang yang mempunyai kecerdasan antarpribadi bisa mempunyai rasa belas kasihan dan tanggungjawab sosial yang besar seperti Mahatma Gandhi, atau bisa juga suka memanipulasi dan licik seperti Machiavelli. Namun mereka semua mempunyai kemampuan untuk memahami orang lain dan melihat dunia dari sudut pandang orang yang bersangkutan. Oleh karena itu, mereka dapat menjadi networker, perunding, dan guru yang ulung.

7. Kecerdasan intrapribadi
Adalah kecerdasan dalam diri sendiri. Orang yang kecerdasan intrapribadinya sangat baik dapat dengan mudah mengakses perasaannya sendiri, membedakan berbagai macam keadaan emosi, dan menggunakan pemahamannya sendiri untuk memperkaya dan membimbing hidupnya.



8. Kecerdasan naturalistik
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan alam: memelihara dan informasi yang terkait ke salah satu lingkungan alami. Jenis kecerdasan ini bukan bagian asli dari Gardner teori Multiple Intelligences, tapi ditambahkan di teorinya pada tahun 1997. Mereka yang itu dikatakan memiliki kepekaan yang lebih besar untuk alam dan tempat mereka di dalamnya, kemampuan untuk memelihara, dan lebih mudah dalam merawat, menjinakkan dan berinteraksi dengan hewan. Mereka mungkin juga dapat melihat perubahan dalam fluktuasi cuaca atau serupa dalam lingkungan alam mereka. Mereka juga pandai mengenali dan mengklasifikasi spesies yang berbeda. Mereka harus menghubungkan pengalaman baru dengan pengetahuan sebelum benar-benar belajar sesuatu yang baru. Tipe “Naturalis” belajar paling baik jika subjek melibatkan pengumpulan dan analisis, atau terkait erat dengan sesuatu yang menonjol di alam, mereka tidak menikmati belajar tanpa koneksi dengan alam. Tipe naturalistik lebih banyak belajar melalui berada di luar rumah atau di jalan (kinestetik). Teori di balik kecerdasan ini sering dikritik, sangat mirip dengan spiritual atau kecerdasan eksistensial, seperti yang dilihat oleh banyak orang sebagai tidak menunjukkan intelijen melainkan minat. Namun, hal itu tetap merupakan kecerdasan yang sangat diperlukan bagi manusia yang hidup hampir seluruhnya dari alam seperti beberapa penduduk pribumi.

9. Kecerdasan eksistensial
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan proses penciptaan kehidupan. Kecerdasan yang menjawab keberadaan makhluk hidup di dunia, dan bagaimana terjadi proses kehidupan. Kecerdasan ini sering dikaitkan dengan teologi.












BAB II
PENERAPAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES

2.1. PENERAPAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Dalam kegiatan belajar mengaja terkadang terdapat sekelompok anak yang terlihat kurang memeperhatikan saat guru sedang menerangkan di depan kelas. Dalam permasalahan ini, ada kemungkinan bahwa kesalahan terletak pada gurunya. Guru mungkin tidak mengerti tentang konsep dan teori multiple intelligences (kecerdasan ganda) sehingga beliau memberikan model pengajaran yang monoton dan membosankan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang teori multiple intelligences (kecerdasan ganda) dan tips-tips yang menarik dan patut dicoba oleh para guru yang mungkin mengalami kesulitan di atas.
Pada awalnya, tindakan yang dilakukan guru tersebut mampu mengendalikan suasana. Namun seterusnya, tidak dapat lagi. Guru kemudian menggunakan cara yang lebih tegas dan keras untuk “memaksa” murid-muridnya memperhatikannya. Sikap seperti ini pada akhirnya akan menimbulkan perasaan ngeri oleh para murid kepada gurunya. Murid-murid kemudian akan bersifat apatis dan skeptis dengan pelajaran matematika. Mereka membenci pelajaran ini dan pada saat mereka lulus, mereka merasa tidak mendapat apa-apa. Jika ditilik dari sudut pandang siswa, ini sangat merugikan karena mereka telah membuang banyak waktu, tenaga, dan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Kini timbul pertanyaan, “Bagaimana cara mencegah terjadinya hal seperti ilustrasi di atas?” Jawabannya adalah dengan pengenalan teori multiple intelligences kepada para guru (pendidik). Sebagian besar dari para guru -termasuk kita- belum mengetahui apa itu multiple intelligences. Mereka masih terpancang pada suatu ideologi kuno yang sayangnya kurang tepat mengenai kecerdasan, yaitu IQ (intelegent quotient). Mereka percaya bahwa IQ merupakan salah satu ukuran terpenting dalam menentukan tingkat kecerdasan (intelejensia) manusia, kesuksesan hidup seseorang di masa depan, serta pandangan sempit yang menyatakan bahwa pelajaran matematika hanya dapat dikuasai oleh orang yang ber-IQ sundhul langit. Anggapan salah ini menyebabkan guru beranggapan bahwa siswa yang tidak mau atau tidak mampu mengikuti pelajaran matematika adalah mereka yang tidak bisa dari sana-nya. Mereka adalah kaum minoritas yang dianggap “inferior” dan kelak akan tersisihkan dalam kehidupan masyarakat. Benarkah matematika hanya diciptakan dan ditujukan kepada mereka yang ber-IQ tinggi? Tentu saja tidak. Matematika sebagaimana ilmu sains lainnya ditujukan untuk seluruh umat manusia agar umat manusia tersebut dapat hidup dengan lebih baik. Lalu bagaimana dengan anggapan yang ber-IQ tinggi akan sukses dan yang sebaliknya akan tersisihkan? Anggapan ini juga tidak benar. Semua orang memiliki hak yang sama satu sama lain. Oleh karena itu, sekarang telah disadari banyak orang bahwa selain IQ, ada faktor lain yang wajib diperhatikan, yaitu EQ (emotional quotient) dan SQ (spiritual quotient). Bahkan lebih jauh lagi, kecerdasan itu tidak tunggal, melainkan majemuk.

2.II. MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MAJEMUK DI SEKOLAH
Teori kecerdasan majemuk adalah model yang sangat tepat untuk melihat kekuatan mengajar maupun untuk mempelajari wilayah-wilayah yang perlu diperbaiki. Mungkin kita akan menghindar jika dalam mengajar harus menggambar di papan tulis, atau enggan menggunakan bahan-bahan grafis saat presentasi karena kecerdasan spasial kita belum cukup dikembangkan dalam hidup. Atau mungkin kita cenderung pada strategi belajar kelompok atau kegiatan ekologis karena kita termasuk pendidik yang interpersonal atau naturalis.

2.3. FAKTOR YANG MENDORONG ATAU MENGHAMBAT PERKEMBANGAN KECERDASAN ANTARA LAIN :
1. Akses ke sumber daya : maksudnya apabila keluarga tidak mampu membelikan siswa piano, atau alat musik lain maka kecerdasan musik tidak akan berkembang.
2. faktor historis kultural maksudnya apabila siswa memiliki kecenderungan pada matematika banyak mendapat subsidi maka kemungkinan kecerdasan matematika logis akan berkembang.
3. faktor geografis maksudnya apabila siswa dibesarkan di lingkungan pertanian akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan naturalis atau kinestetis jasmani dibandingkan siswa yang tinggal di apartemen atau kota-kota besar.
4. faktor keluarga maksudnya bila siswa kecenderungan ingin menjadi seniman, terus dipaksakan oleh orang tua menjadi ahli hukum maka akan mendorong perkembangan kecerdasan linguistik tetapi menghambat kemajuan kecerdasan spasia








BAB III
PENUTUP



























"Ada resiko yg tidak bisa kita hindari jika kita melangkah,akan tetapi lebih berisiko lagi kalau kita tdk melangkah kemana pun."
a pun."

konsonan of place

Konsonan Bahasa Inggris

Konsonan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mempunyai 44 bunyi yang secara garis besar terbagi atas tiga yakni :
Konsonan (consonants)
Vokal (vowels), dan
Semivokal (semivowels atau semiconsonant)

Untuk menghasilkan konsonan bahasa Inggris kita perlu mengenali alat-alat ucap yang terlibat atau yang disebut organ of speech yakni lips, teeth, alveolar ridge, hard palate, velum, uvula, tongue tip, front of the tongue, back of the tongue, mouth cavity, nose cavity, pharynx, epiglottis, glottis, esophagus, dan larynx. Organ of speech berperan penting dalam menghasilkan bunyi-bunyi konsonan bahasa Inggris.

Dasar-dasar Pengelompokan Konsonan dalam Bahasa Inggris

Terdapat tiga parameter deskriptif yang digunakan untuk mengelompokkan bunyi konsonan, yakni :
Konsonan berdasarkan Voicing State

Berdasarkan voicing state, ada dua macam konsonan, yaitu voiced dan non-voiced. Konsonan dianggap voiced jika vocal cord-nya ikut bergetar saat menghasilkan bunyi tertentu seperti [b], [d], [g], [z], [J] dan lain-lain. Sebaliknya, konsonan dianggap devoiced jika vocal-cord tidak ikut bergetar seperti pada bunyi [p], [t], [k], [s], [č] dan lain-lain.
Konsonan berdasarkan Place of articulation

Atas dasar place of articulation, konsonan diuraikan berdasarkan artikulator-nya, baik yang aktif maupun passif. Bunyi yang dihasilkan oleh dua bibir yang bibir atasnya (upper-lips) aktif sedangkan bibir bawahnya (lower-lips) passif disebut sebagai bilabial consonants seperti [p], [b] dan [m]. Bunyi [b] bersifat voiced, dan [p] berfitur devoiced dan [m] bersifat nasal.

Bunyi yang dihasilkan oleh lower-lips sebagai artikulator aktif dan oleh upper-teeth sebagai artikulator passif disebut dengan labiodental consonants seperti pada [v] yang bersifat voiced dan [f] yang berfitur devoiced.

Dental consonants merupakan bunyi yang dihasilkan dengan mengaktifkan ujung lidah (tip of the tongue) dalam menyentuh gigi atas (upper teeth). Dengan kata lain, secara fonetik artikulatoris dapat dikatakan bahwa ujung lidah berfungsi sebagai artikulator aktif dan gigi atas sebagai yang pasif. Contoh bunyi seperti ini yakni pada [q] yang bersifat devoiced dan [d] yang bersifat voiced.
Konsonan berdasarkan Manner of articulation

Menurut Willian O’grady dalam bukunya Contemporary Linguistics: an Introduction (1996), terdapat empat alat ucap yang penting dalam mengulas konsonan berdasarkan cara artikulasinya yaitu the lips, tongue, velum dan glottis. Berdasarkan cara artikulasinya terbagi dua yakni oral sounds dan nasal sounds. Bunyi oral terjadi jika uvula naik dan menutup nasal cavity. Sedangkan bunyi nasal terjadi jika uvula turun sehingga terdapat celah untuk keluarnya arus udara melalui rongga hidung, dengan kata lain oral cavity tertutup.

Berdasarkan manner of articulation ini, terdapat tiga tingkatan struktur pengelompokan konsonan yakni :

- Complete closure atau kebertutupan sempurna. Dalam struktur ini arus udara di blok sehingga tidak bisa keluar lewat rongga mulut dan rongga hidung. Bunyi yang dihasilkan melalui cara ini disebut plosive atau stops consonants.

- Close approximation. Pada struktur ini alat-alat ucap saling merapat sehingga menghasilkan turbulansi dan friksi. Bunyi yang dihasilkan dengan cara ini disebut sebagai fricative consonants.

- Open approximation. Dalam posisi ini alat ucap agak terbuka dan tidak ada turbulansi sehingga friksi masih dapat didengar. Bunyi yang dihasilkan dengan cara ini disebut sebagai approximant consonants.




CHAPTER I
INTRODUCTION

A deductive approach is used to predict vowel and consonant places of articulation. Based on two main criteria, viz. simple and efficient use of an acoustic tube, along with maximum acoustic dispersion, the Distinctive Regions Model (DRM) of speech production derives regions that closely correspond to established vowel and consonant places of articulation. 1 Introduction Attempts to explain speech production data often suffer from circularity. That is, the classification of data tends to be purely descriptive without shedding light on the processes that give rise to them. In criticizing the databased approach, Lindblom (1990) favors, instead, the use of substance-based approaches. Here, deductions are derived from specific criteria or from characteristics of the speech production and/or perceptual systems in order to explain the data. In fact, researcher have successfully exploited the substance-based approach in explaining vowel systems, using a perceptually-driven maximum acoustic
Attempts to explain speech production data often suffer from circularity. That is, the classification of data tends to be purely descriptive without shedding light on the processes that give rise to them. In criticizing the databased approach, Lindblom (1990) favors, instead, the use of substance-based approaches.
Here, deductions are derived from specific criteria or from characteristics of the speech production and/or perceptual systems in order to explain the data. In fact, researcher have successfully exploited the substance-based approach in explaining vowel systems, using a perceptually-driven maximum acoustic dispersion criterion (Liljencrants and Lindblom, 1972; Lindblorn, 1986). But this approach, too, may be thought of as being circular, to some extent, in that the criterion used may be viewed as, merely, a more encompassing description of the vowels themselves.
The crucial task then is to explain the characteristics of the speech perception/production system itself. For example, what is it about the human speech apparatus that yields three and not four or five places of articulation? Is the vocal tract designed primarily for feeding or does it reflect adaptations specialized for speech? To answer some of these questions, we undertook to investigate what deformations (i.e. vocal tract configurations/shapes) of a simple acoustic tube, open at one end and closed at the other, and modeled after a male vocal tract, will yield (i) a good acoustic communication device, and (ii) an acoustic repertoire that closely matches the phonetic richness of human speech.

CHAPTER II
CONSONANT OF PLACE

II.I. Place of articulation

Certain consonants in human language are distinguished by which state is active during production of the sound. For example, pronounce the sound [m], as in mat, and hold the sound. While producing this sound, place your fingers at the base of your throat. You should feel the vibration of the vocal folds. Since the sound [m] is vibrating, this is a voiced sound.
Now make the sound [p], as in pat. You can't really hold this sound, but again put your fingers near the base of your throat while you say [p]. You shouldn't feel much vibration, if any. This is because the vocal folds are held apart, making a voiceless sound.
Now say the sounds [p] and [b], as in bat, with your fingers at the base of the throat. When you say [p], there should be no vibration, but when you say [b], there should be vibration. Think about what you are doing with your mouth to make both sounds. Both sounds are made in basically the same way, but one is voiceless and one is voiced.

II.2. Places of articulation (passive & active):

In articulatory phonetics, the place of articulation (also point of articulation) of a consonant is the point of contact where an obstruction occurs in the vocal tract between an active (moving) articulator (typically some part of the tongue) and a passive (stationary) articulator (typically some part of the roof of the mouth). Along with the manner of articulation and phonation, this gives the consonant its distinctive sound.
place of articulation
The term place of articulation, as discussed in the last section, classifies speech sounds in terms of where in the vocal tract the shape of the vocal tract is altered. In this section, we will present the major places of articulation.
Bilabial
Bilabial sounds are those sounds made by the articulation of the lips against each other. Examples of such sounds in English are the following: [b], [p], [m].


Labiodental
Labiodental sounds are those sounds made by the articulation of the upper teeth towards the lower lip. Examples of such sounds in English are the following: [f], [v].

Interdental
Interdental sounds are those sounds made by the articulation of the tongue between the teeth. Examples of such sounds in English are the following: , .

Dental
Dental sounds are those sounds made by the articulation of the tip of the tongue towards the back of the teeth. Such sounds are not present in Standard American English, but in some Chicano English dialects and certain Brooklyn dialects, the sounds [t] and [d] are pronounced with a dental articulation.

Alveolar
Alveolar sounds are those sounds made by the articulation of the tip of the tongue towards the alveolar ridge, the ridge of cartilage behind the teeth. Examples of such sounds in English are the following: [t], [d], [s], [z], [n], [l], .

Alveopalatal
Alveopalatal sounds are those sounds made by the articulation of the front of the tongue towards the area between the alveolar ridge and the hard palate. Examples of such sounds in English are the following: , , , .

Palatal
Palatal sounds are those sounds made by the articulation of the body of the tongue towards the hard palate. An example of such a sound in English is [j].

Velar
Velar sounds are those sounds made by the articulation of the body of the tongue towards the velum. Examples of such sounds in English are the following: [k], [g], .


Uvular
Uvular sounds are those sounds made by the articulation of the back of the tongue towards the uvula. Uvular sounds do not exist in English, but the French "r" is pronounced by the uvular sounds

Pharyngeal
Pharyngeal sounds are those sounds made by the articulation of the tongue root towards the back of the pharynx. Pharyngeal sounds do not exist in Standard American English, but are found in languages such as Arabic and Hebrew.

Glottal
Glottal sounds are those sounds made at the glottis. Examples of glottal sounds in English are the following: , .

On the next page is a diagram that illustrates all the places of articulation.
A place of articulation is defined as both the active and passive articulators. For instance, the active lower lip may contact either a passive upper lip (bilabial, like [m]) or the upper teeth (labiodental, like [f]). The hard palate may be contacted by either the front or the back of the tongue. If the front of the tongue is used, the place is called retroflex; if back of the tongue ("dorsum") is used, the place is called "dorsal-palatal", or more commonly, just palatal.
There are five basic active articulators: the lip ("labial consonants"), the flexible front of the tongue ("coronal consonants"), the middle/back of the tongue ("dorsal consonants"), the root of the tongue together with the epiglottis ("radical consonants"), and the larynx ("laryngeal consonants"). These articulators can act independently of each other, and two or more may work together in what is called coarticulation (see below).
The passive articulation, on the other hand, is a continuum without many clear-cut boundaries. The places linguolabial and interdental, interdental and dental, dental and alveolar, alveolar and palatal, palatal and velar, velar and uvular merge into one another, and a consonant may be pronounced somewhere between the named places.
In addition, when the front of the tongue is used, it may be the upper surface or blade of the tongue that makes contact ("laminal consonants"), the tip of the tongue ("apical consonants"), or the under surface ("sub-apical consonants"). These articulations also merge into one another without clear boundaries.
Consonants that have the same place of articulation, such as the alveolar sounds -- n, t, d, s, z, l -- in English, are said to be homorganic.
A homorganic nasal rule is a case where the point of articulation of the initial sound is assimilated by the last sound in a prefix. An example of this rule is found in language Yoruba, where ba, "hide", becomes mba, "is hiding", while sun, "sleep", becomes nsun, "is sleeping".

II.3. Speech and the Vocal Tract

As described in the earlier lesson, speech sound is created by airflow through the vocal tract. In pulmonic sounds, which are the sounds we will consider here, the lungs push air up into the trachea, through the larynx, and outward through the vocal tract.
So how are different sounds made? In part 1, we discussed that one way to make different sounds is to vary the state of the glottis, making either a voiced or voiceless sound.
Another way is to vary the shape of the vocal tract. Imagine the vocal tract as a tube, through which air passes. If this tube is simply open, the airflow creates a sound. But if you alter the shape of that tube, the airflow moves differently, making a different sound.
Here's an experiment that some of you may have tried. Take an empty bottle and blow air across the top of the bottle. If you can get the airflow just right, you should be able to produce a low sound. Now fill the bottle halfway with water. Blow across the bottle opening again. This time the sound is higher. If you put some more water in the bottle, the sound will get even higher.
What's happening? For a more detailed discussion, you can view the lesson Acoustic Phonetics. However, for now, just understand that if the bottle (vocal tract) is not as filled with water (larger), the sound will be a deep, low sound. If the bottle (vocal tract) is filled with water (smaller), the sound will be a higher sound.
When we make speech sounds, one thing that is happening is that we are varying the shape of the vocal tract, making the sound different. For example, say the sound [t]. To make this sound, you are raising the tip of your tongue behind your teeth and then lowering your tongue. When you do this, the air builds up behind the closure made by your tongue and teeth and is then released. When the air is released by the tongue, the air travels outward through
a small area, just from the teeth to outside the mouth.


CHAPTER III
CLOSING

III.1 Summary

The term place of articulation, as discussed in the last section, classifies speech sounds in terms of where in the vocal tract the shape of the vocal tract is altered. In this section, we will present the major places of articulation.

Bilabial
Labiodental
Interdental
Dental
Alveolar
Alveopalatal
Palatal
Velar
Uvular
Pharyngeal
Glottal

As described in the earlier lesson, speech sound is created by airflow through the vocal tract. In pulmonic sounds, which are the sounds we will consider here, the lungs push air up into the trachea, through the larynx, and outward through the vocal tract.
So how are different sounds made? In part 1, we discussed that one way to make different sounds is to vary the state of the glottis, making either a voiced or voiceless sound.
When we make speech sounds, one thing that is happening is that we are varying the shape of the vocal tract, making the sound different. For example, say the sound [t]. To make this sound, you are raising the tip of your tongue behind your teeth and then lowering your tongue. When you do this, the air builds up behind the closure made by your tongue and teeth and is then released. When the air is released by the tongue, the air travels outward through a small area, just from the teeth to outside the mouth.

III.II References
A1 Dakkak, M. Mrayati and R. Carr6. 1994. transitions formantiques correspondant h des constrictions rehlis6es dans la partie arri6re du conduit vocal. Linguistica Communicatio, VI: 59-63. S.E.
Blumstein arid K.N. Stevens. 1979. Acoustic invariance in speech production: Evidence from measurements of the spectral characteristics of stop consonants. J. Aeoust. Soc. Am., 66: 1001-1017.
M. Boulogne, R. Carr6 and J.P. Charras. 1973. La fr6quence fondamentale, les formants, 616ments
d'identification des locuteurs. Revue d'Acoustique, 6: 343-350•
C.P. Browman and L. Goldstein. 1989. Articulatory gestures as phofiological units• Phonology, 6: 201-252.




























PREFACE

Turning our thanks to Almighty God for His blessings and gifts so that we can finish the paper with the title of consonant place properly. We realize that in the preparation of this paper is not perfect, therefore criticism and constructive suggestions which we strongly expect. for your attention and your suggestions we are very grateful.










Author
















TABLE OF CONTENTS


PREFACE. …........................................................................................ !
TABLE OF CONTENTS …................................................................. !!
CHAPTER I …...................................................................................... 1
INTRODUCTION …............................................................................. 1
CHAPTER II …..................................................................................... 2
CONSONANT OF PLACE …............................................................... 2
II.I. Place of articulation …............................................................... 2
II.II. Places of articulation (passive & active) …................................ 2
II.III. Speech and the Vocal Tract …..................................................... 5

CHAPTER III ….................................................................................... 6
CLOSING ….......................................................................................... 6
III.1 Summary …................................................................................... 6
III.II References …................................................................................ 7












TUGAS
INTRODUCTION TO LINGUISTICS

DISUSUN OLEH :
1. THEOBALDUS DARI
2. SATRIA JAYA
3.
4.
5.

FACULTY OF EDUCATION SOCIAL SCIENCES AND HUMANITIES
IKIP BUDI UTOMO
MALANG
2009 / 2010